blog sangat bermanfaat

makalah topologi jaringan

TIK

JARINGAN KOMUNIKASI BERDASARKAN TOPOLOGI (BENTUK) JARINGAN

PEMBIMBING:

USTADZ ZAZAR TRITYAS

perancang:

v FITRI NURAENI

SEKERTARIAT:Jl JENDRAL SUDIRMAN NO 01 LAMONGAN UTARA MONUMEN KADET SOEWOKO

DAFTAR ISI

1.KATA PENGANTAR…………………………………………………………1

2.PENDAHULUAN……………………………………………………………… 2

3.LATAR BELAKANG……………………………………………………….. 3

4.JARINGAN TOPOLOGI………………………………………………………4

5.penutup………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kepada ALLAH SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada penulis,sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya,makalah ini penulis beri judul dengan “ TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER ”

Dalam kesempatan ini, perkenankan penulis menyampaikan ucapan terima kasih,kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam penulisan makalah ini,terutama kepada dosen pada mata kuliah Teknologi Komputer 2 yang telah memberikan bimbingan kepada penulis,dan selanjutnya kepada seluruh rekan –rekan yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Akhir kata penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan,baik dari segi isi maupun teknik penulisan,oleh karena itu pada kesempatan ini,penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan sumbangan saran atau kritik yang membangun demi kesempurnaan penulisan makalah ini.Semoga usaha penulisan makalah yang singkat ini diridhai oleh ALLAH,dan dapat menjadi berupa sumbangan khususnya bagi dunia pendidikan.

lamongan, 27 september 2012

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan.

B.Tujuan Penulisan           

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui / memahami tentang komputer jaringan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca tulisan ini diharapkan kita bisa lebih memahami teknologi informasi, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai teknologi dan informasi. Dengan memahami jaringan komputer maka akan sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari

JARINGAN TOPOLOGI

Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Categories: Jenis-Jenis Jaringan Komputer : Macam – macam Topologi Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer : Macam – macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Macam Topologi Jaringan ada 5 macam yaitu Topologi Bintang, Topologi Cincin, Topologi Bush, Topologi Mesh, Topologi Pohon. Semua ini merupakan Topologi Jaringan Komputer.

Sedangkan Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing ‐masing topologi berdasarkan karakteristiknya masing topologi berdasarkan karakteristiknya. Berikut ini adalah jenis atau Macam – macam Topologi dari jaringan tersebut

  • Topologi bus

Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Kesulitan utama dari penggunaan kabel sepaksi adalah sulit untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.).

Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan men tap Ethernetnya sepanjang kabel.

Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan

 Gambar Topologi Bus

Keuntungan

• Hemat kabel

• Layout kabel sederhana

• Mudah dikembangkan

Kerugian

• Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil

• Kepadatan lalu lintas

• Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

• Diperlukan repeater untuk jarak jauh

  •  Topologi Ring

Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

 Gambar Topologi Ring

Keuntungan

• Hemat Kabel

Kerugian

• Peka kesalahan

• Pengembangan jaringan lebih kaku

Gambar Topologi TokenRING

  •  Topologi Star

Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke centralpoint. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).

 Gambar Topologi Star

Keuntungan

o Paling fleksibel

o Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain

o Kontrol terpusat

o Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan

o Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian

o Boros kabel

o Perlu penanganan khusus

o Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

10

  •   Topologi Tree

Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

 Gambar Topologi Tree

  • Topologi Mesh

Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicatedlinks).

Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

 Gambar Topologi Mesh

 

PENUTUP

B.Saran Saran

1. Teknologi jaringan komputer sangat memudahkan kita dalam berbagai kegiatan,        oleh karena             itu jangan kita salah menggunakan karena akan dapat merugikan pihak lain,

2. Perbanyak kembali pengetahuan kita tentang komputer jaringan

 

DAFTAR PUSTAKA

ttp://www.w3.org/TR/REC-html40

http://sunsite.ui.ac.id/student/ristek/sig/infosys/artikel/artikel3/protokol1.htm 18

http:// http://www.ilmukomputer.com

http:// http://www.ilmukomputer.org

httphttp://www.ai3.itb.ac.id/Tutorial/LAN.html

h://www.ieee.org,

http://www.linux.or.id,

http://www.pii.or.id/elektro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 110 pengikut lainnya.